RSS

Berbagai Macam Stress Yang Dialami Manusia

Berbagai macam stress yang dialami manusia memang sangat beragam. Pada umumnya, stres sering kali dihubungkan dengan emosi negatif yang menyebabkan akibat buruk untuk kesehatan tubuh.Akan tetapi tahukan Anda jika stres ternyata tidak selamanya buruk? Ya, bahkan ada juga stress yang bermanfaat baik bagi kita. Berbagai macam stress yang dialami manusia antara lain :

1. Eustres

Eustres adalah salah satu stress yang paling bermanfaat karena bisa membuat kondisi tubuh kita menjadi lebih waspada. Eustres dapat membuat pikiran serta tubuh kita menjadi lebih siap untuk menghadapi banyak tantangan, bahkan bisa terjadi tanpa kita sadari.Stress yang bertipe ini dapat membantu memberikan kekuatan serta menentukan satu pilihan, dan juga dapat menyelesaikan suatu masalah yang sedang terjadi.

2. Stress baik

Stres yang dialami setiap orang tidak hanya disebabkan sepenuhnya dari berbagai pengalaman yangnegative saja.Pengalaman positif yang Anda alami juga bisa membawa stress, seperti pada saat melakukan upacara pernikahan ataupun kelulusan. Akan tetapi, stress bertipe ini juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita.Terlebih lagi, stress baik ini dapat menyebabkan orang menjadi lebih berenergi dan mudah mencapai satu tujuan.

3. Distres internal

Distres internal merupakan salah satu jenis stress yang tidak baik. Distres adalah tipe stress yang berbaunegative sesuai hasil yang diperoleh dari berbagai pengalaman buruk, ancaman, rintangan, hingga perubahan situasi yang tidak terduga sehingga menyebabkan orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Ketahuilah, pada umumnya tubuh manusia selalu membutuhkan rasa nyaman dan aman, tetapi apabila perasaan itu terganggu, tubuh juga akan menderita distres.

4. Hipostres

Hipostres merupakan tipe stress yang terjadi karena seseorang melewati hari-harinya tanpa menghadapi tantangan dan juga tidak pernah merasa kekhawatiran. Hipostres juga bisa disebut sebagai ketidakadaan stres, namun juga bisa diartikan sebagai rasa jenuh yang ekstrim. Orang yang menderita hipostres ini mungkin saja merasa bahwa dirinya tidak mendapatkan tantangan apapun, sehingga ia tidak mempunyai motivasi untuk melakukan apapun. Pada umumnya setiap penderita hipostres akan merasa hidupnya sia-sia dan depresi yang mendalam.

Makanya dari pada ikutan stress mending baca humor cerita lucu atau liaht barang unik aja.

2 komentar:

ica mengatakan...

Hi Wi pa kabar? Tumben nulis lagi .. Ha.ha...

yudi mengatakan...

Mantab posting nya dwi deh =P

Posting Komentar